Single Blog Title

This is a single blog caption
6 Apr 2022

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Website dan Web App!

//
Comments0

Jika berbicara website dan web app kita seperti melihat dua teknologi yang sepintas nyaris sama. Namun kenyataannya, keduanya adalah dua teknologi yang jelas berbeda.

Sederhananya, website dan web app dua-duanya memiliki banyak kemiripan atau persamaan yang mendasar.

Persamaan mendasar yang pertama adalah sama-sama berjalan di dalam browser. Kedua, membutuhkan akses ke internet. Ketiga, mempunyai front-end dan back-end yang ditulis dalam bahasa pemrograman yang juga hampir sama.

Tak heran, banyak sekali yang masih bingung dan terkadang tertukar dalam membedakan mana website dan mana itu web app.

Apa itu Website?

Website adalah kumpulan halaman dalam suatu domain yang memuat tentang berbagai informasi agar dapat dibaca dan dilihat oleh pengguna internet melalui sebuah mesin pencari.

Tujuannya adalah untuk memberi suatu informasi kepada pengguna yang kontennya bisa berupa teks, gambar, video, dan sebagainya.

Contohnya, jika kamu mengetik domain https://academy.kodehive.id/ maka kamu akan disambut dengan homepage Kodehive Academy seperti ini

Halaman depan website Kodehive Academy

Di dalam homepage biasanya terdapat beberapa halaman web (web page) yang terdiri dari Home, About Us, Product, Contact, dan sebagainya.

Website yang bentuknya paling sederhana, bagaikan sebuah tempat yang statis. Artinya, pengunjung tidak dapat mengubah informasi yang sudah ada di halaman web.

Namun seiring waktu, website semakin berkembang dan lebih interaktif. Pengunjung dapat “melakukan sesuatu” di dalam website dan bukan hanya membaca.

Misalnya melakukan percakapan online, memberi komentar, membagikan blog post, dan lainnya.

Setelah sekilas pembahasan mengenai penggunaan website. Dapat dikatakan, website dapat menjadi solusi yang tepat sebagai sarana informasi online saat ini untuk:

  • Company profile
  • Berita, Press Release, atau event
  • Publikasi karya berupa artikel, gambar, video

Berdasarkan tipenya, website terrdiri dari berbagai macam tipe seperti diantaranya blog, landing page, portfolio, dan website standar.

Apa itu Web Application?

Berbeda dengan website, web app merupakan website yang memilki aplikasi atau software yang berjalan di atas browser dan dapat terkoneksi ke server pusat.

Web app memiliki user interface yang baik. Hal ini dikarenakan adanya sebuah application atau fitur-fitur tambahan yang dapat menjadikan website sebagai tempat yang memberikan layanan interaktif.

Web app memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan admin atau pengguna-pengguna yang lain di dalamnya.

Selain itu, pengguna juga bisa melakukan banyak hal di dalamnya seperti membuat akun, fitur chat, pembayaran online, dan lain-lain.

Web app juga memiliki tipe yang beragam, contoh yang paling mudah misalnya situs online banking dan, website e-commerce.

Apa Bedanya Website dan Web App?

Setelah dijelaskan secara singkat mengenai website dan web app, keduanya sama-sama dapat diakses melalui search engine dan memerlukan koneksi internet.

Pada dasarnya, website dan web app memiliki banyak perbedaan dalam beberapa aspek. Mari kita bahas tiga poin perbedaan mengenai keduanya.

1. Karakteristik

Cara membedakan antara website dengan web app paling mudah bis akita lihat dari karakteristiknya.

WebsiteWeb App
Penggunaan hosting sesuai kebutuhan.Biasanya menggunakan cloud hosting karena penggunaan data lebih besar.
Konten bersifat informatif dan dapat ditamilkan baik statis maupun dinamis.Menonjolkan berbagai fitur dan interaksi antar pengguna.
Diakses melalui browser desktop atau mobile.Diakses melalui browser dan dapat digunakan lintas platform.
Mengatur navigasi yang user friendly dapat menggunakan CMS (Content Management System) dengan mudah.Sistem atu program dirancang sendiri dengan Bahasa pemrograman.
SEO friendly dan dapat muncul dalam mesin pencarian Google.Perlu sign in, semua data pengguna tidak akan muncul di mesin pencarian.
Berupa kumpulan halaman yang dapat diakses.Berupa app, tetapi tidak perlu di download.

Jika dilihat dari tabel di atas, website memiliki karakter yang lebih sederhana. Hal itu karena website ditujukan untuk penggunaan yang lebih ringan dibandingkan web app.

2. Interaktifitas

Seperti yang kita ketahui, website merupakan halaman yang menyediakan konten-konten informatif yang berbentuk teks dan gambar yang dimuat di halaman web agar dapat dilihat dan dibaca oleh pengunjung.

Tetapi, setiap pengunjung tidak bisa memengaruhi terhadap konten-konten yang telah diposting di web page dengan cara apapun itu.

Berbeda dengan web app, pengunjung tidak hanya sebatas membaca atau melihat konten.

Namun pengunjung juga bisa melakukan interaksi atau mengubah (mengisi atau menambah) data di page.

Contoh interaktifitas di web app dapat dilihat pada website e-commerce. Pengunjung dapat mencari dan memilih sendiri barang yang dibutuhkan melalui katalog produk.

Apabila barang yang ditemukan dirasa cocok, maka pengunjung bisa menambahkan produk ke keranjang belanja atau langsung membelinya dengan melakukan transaksai langsung.

Contoh lain misalnya online banking. Situs perbankan atau banking online merupakan platform yang dapat mengadakan proses interaksi dan transaksi berdasarkan inputan dari nasabah yang mengakses.

3. Integrasi

Integrasi bisa diartikan meyatukan komponen-komponen yang berbeda untuk membangun sebuah sistem yang lebih komprehensif.

Sebenarnya, baik itu website dan web app, keduanya sama-sama dapat diintegrasikan dengan software-software lain, semacam CRM (Customer Relationship Management).

Namun istilah integrasi lebih cocok untuk web app seperti e-cpmmerce yang menerapkan sistem CRM.

Sistem CRM akan menyimpan otomatis seluruh data customer atau user web app yang masuk di satu lokasi yang telah ditentukan. Lalu tim terkait akan diberikan akses agar data-data tersebut dapat ditemukan dengan mudah.

Dengan sistem atau cara seperti ini, tim perusahaan anda dapat memperoleh akses ke sejumlah data secara lengkap tentang customer, pertanyaan, komunikasi, dan feed back.

Data tersebut tentunya dapat digunakan untuk mengeksplorasi setiap perilaku dan kebiasaan dari pelanggan ketika membeli serta dapat melayani pesanan secara cepat.

Selain itu, sistem CRM ini juga dapat mendeteksi perubahan data customer dengan cepat sekali dan sistem ini selalu up to date dengan pilihan, kesukaan, dan kebiasaan dari customer terhadap produk.

4. Autentikasi

Poin lain yang membedakan website dengan web app, yaitu autentikasi.

Autentikasi adalah prosedur yang melibatkan user untuk menginput login dan kata sandi agar memperoleh hak akses ke dalam sistem.

Autentikasi ini sangat wajib bagi web app yang sangat memerlukan kerahasiaan informasi yang bersifat pribadi.

Hal ini karena, akun user memang harus diamankan dari akses dan kebocoran data-data yang tidak sah oleh oknum peretas.

Sebagian besar web app memerlukan autentikasi, karena web app menawarkan cakupan opsi yang jauh lebih luas daripada website.

Leave a Reply

×

Konsultasikan dengan kami

Kami akan menjelaskan lebih lanjut mengenai pelatihan kami

× Ada pertanyaan?