Single Blog Title

This is a single blog caption
25 Oct 2021

Ingin ‘Menguasai’ masa Depan ? Menjadi programmer Adalah Kuncinya !

//
Comments0

Kemajuan teknologi terbukti bisa membuka lapangan kerja untuk banyak orang. Khususnya di hari ini, di mana semuanya dikaitkan dengan digitalisasi. Hal ini terbukti dengan banyaknya startup yang memerlukan profesi buat menciptakan & meningkatkan kapasitas teknologi tertentu. Nah, satu di antara pekerjaan tersebut ialah pekerjaan menjadi seorang programmer.

Programmer ialah pekerjaan yang digemari oleh generasi muda saat ini. Di samping itu, pekerjaan ini dianggap memiliki peluang era depan. Predikat “keren” serta “honor besar” kerap disematkan pada predikat seorang programmer. fenomena tersebut sudah pasti amat menarik perhatian bukan, khususnya untuk kamu yang mau mencicipi manisnya jadi seorang programmer yang profesional.

Kemudian, apa itu programmer ? Apa saja yang harus dipahami oleh programmer ? Untuk kamu yang ingin mengetahui seluk beluk tentang programmer, silahkan membaca tulisan kamu berikut ini.

Siapa yang Disebut Dengan Programmer?

Programmer merupakan suatu pekerjaan ataupun profesi yang bertugas buat membuat suatu sistem memakai bahasa pemrograman. Seorang yang mempunyai keterampilan menulis isyarat program (atau disebut sebagai syntax) serta mengkonsep sistem, dapat pula dianggap sebagai programmer. Isyarat ataupun bahasa program yang digunakan para programmer adalah beraneka ragam. Misalnya PHP, Python, Java, Javascript, dan lain- lain.

Sistem yang kerap kamu maanfaatkan tiap hari, mulai dari website, aplikasi Android, sampai sistem operasi (bisa jadi itu Windows, Linux, atau iOS) dan lain- lain, semua itu terbuat dengan bahasa pemrograman yang disusun oleh para programmer. Hebat bukan?

Tugas ‘Mulia’ Sang Programmer

Dari kata-kata di atas, mungkin kamu telah bisa merumuskan apa saja tugas dari programmer bukan? Ya, benar. Tugas dari seorang programmer ialah bekerja untuk membuat sistem aplikasi ataupun merubah & meningkatkan fungsi satu aplikasi. apakah hanya itu? Secara garis besar memang demikian. Namun ini bisa kita jabarkan menjadi list berikut ini.

Daftar pekerjaan dan tugas Programmer

  • Menganalisa kebutuhan klien atau user.
  • Mengonsep serta membuat model sistem menggunakan UML, flowchart, ERD dan lain- lain.
  • Menulis koding menggunakan bahasa programming (HTML, CSS, Javascript dan lain- lain).
  • Men- debug program.
  • Mencoba ataupun melakukan testing program tertentu.

Tipe- tipe Programmer yang Umum Kita Temui

Apakah kamu mengetahui apa saja tipe-tipe programmer yang lazim di luar sana? Walaupun programmer sama dengan program perkomputeran, tetapi pada faktanya pekerjaan ini sangat banyak tipe dan hirarkinya. Bila kamu punya keinginan untuk menjadi programmer, kamu bisa fokus pada rute programmer yang kamu minati. Supaya apa? Supaya kamu bisa fokus mengikuti arah profesi yang kamu incar!

Selanjutnya ini ialah bermacam rute programmer yang dapat Kamu pilih:

1. Programmer Web

Tipe yang satu ini kami yakin telah biasa kamu dengar. Programmer website amat dibutuhkan oleh industri ataupun startup. Karena, nyaris seluruh industri di dunia ini memiliki website sendiri. Dan tidak sembarang orang bisa membuat dan mengatur suatu website. Oleh karena itulah sebabnya diperlukan tenaga ahli semacam programmer supaya website-website tersebut terjamin kualitas mutunya.

Pekerjaan penting bagi seorang website programmer yakni banyak berpusat dalam hal meningkatkan kinerja situs internet. Contohnya saja masalah pembuatan web toko online, sosmed, dan berbagai layanan lain. Seseorang website programmer pun jua bisa dan mampu membuat database pada suatu web.

2. Programmer Aplikasi

Programmer aplikasi merupakan programmer atau orang yang menciptakan aplikasi pada komputer maupun ponsel pintar / smartphone. Coba lihat aplikasi yang terinstal di desktop mu, mulai dari antivirus, browser, tools-tools, dan lain-lain. Lihat juga di ponsel pintar milikmu, ada sistem operasi (Android atau iOS), video games, dan sosmed yang lazim kamu download di Playstore ataupun Appstore.

Semua itu dibuat oleh programmer. Nah, prospek tipe programmer yang satu ini sebenarnya lumayan menjanjikan. Alasannya adalah, nyaris seluruh orang di dunia memiliki ponsel pintar dan laptop. Inilah sebab pokok mengapa orang mau berlomba-lomba untuk menjadi programmer aplikasi Android ataupun serupanya (iOS, windows atau linux).

3. Programmer Embedded System

Jika dua tipe programmer di atas mungkin kamu sudah lumayan sering mendengar, berbeda dengan yang satu ini. Profesi programmer embedded system merupakan pekerja penulis source code sistem yang diperuntukkan buat mengendalikan peralatan rumah atau elektronik. Sistem yang tertanam ini dipakai dalam bermacam berbagai barang yang ada di dekat kamu. Semacam handphone, kamera digital, remote control, mesin mencuci, dan lain- lain.

 Perihal yang Harus Dipahami oleh Seseorang Programmer

Apa saja hal yang harus dipahami oleh programmer? nah, untuk kamu yang ingin menjadi programmer handal, silahkan lanjut membaca, karena kami akan beberkan untukmu, hal-hal yang mesti dipahami (dan dikuasai) oleh programmer.

1. paham akan Algoritma

Dalam membuat suatu aplikasi, seorang programmer wajib mempertimbangkan tata cara yang cocok buat pemrosesan sistem. Mengapa algoritma sedemikian itu berarti? Karena, dengan algoritma kamu bisa membongkar sesuatu permasalahan. Kamu mesti mengerti fungsi, perulangan, apalagi jenis informasi semacam array serta yang lain. Oleh sebab itu, algoritma merupakan kunci penting seorang programmer.

Pssst… kalau kamu bingung akan beberapa istilah di atas, jangan khawatir. Sebab kamu akan mendapatkan materi-materi yang membuatmu ‘melek’ akan dunia programming ketika kamu mengikuti kursus belajar pemrograman di KodeHive Academy!

2. Memiliki Keahlian Membaca Kode

Kamu diwajibkan untuk piawai membaca serta menguasai (ya minimal mengerti) proyek- proyek open source yang banyak terdapat di situs Sourceforge ataupun GitHub. Sebab. sering- kali programmer lupa bakal perihal yang satu ini. padahal, jika kamu mengerti cara kerja banyak proyek di dua situs ini, itu adalah keahlian yang sangat berarti loh. Coba pahami metode kerjanya dan temui pola-pola tertentu di banyak proyek dua situs ini Sourceforge ataupun GitHub. Karena di situlah seringkali ada suatu inspirasi yang dapat kalian lakukan dalam proyek yang akan dan sedang kamu kerjakan.

3. Memahami Satu Ataupun Lebih Bahasa Pemrograman

Seorang programmer tentunya juga harus memahami bahasa pemrograman dong. Untuk masalah ini terdapat 2 opsi untuk programmer. Satu, memahami satu bahasa ataupun lebih. Ini berguna karena kamu bisa mengerjakan proyek- proyek dengan bahasa yang berbeda. Istilahnya, tidak terpaku pada satu bahasa saja.

Kedua, bila kamu memahami satu bahasa pemrograman, maka jadilah spesialisnya. Tetapi era ini bisa dibilang kalau teknologi terus menjadi bertumbuh, sehingga, dari sisi ini sepertinya lebih bagus kamu memahami multi- bahasa. 

Memang sih, mampu menjalankan banyak bahasa pemrograman bakalan membuat kamu mampu bekerja pada berbagai proyek dengan multi- bahasa, dan membuat kamu mengerti perbandingan dari tiap bahasa pemrograman. Tetapi kamu juga wajib memiliki keahlian mendalam di 1 bahasa terlebih dahulu sebelum mempelajari bahasa yang lain.

Apapun pilihan kamu, pastikan kamu menjadi jadi ahli di antara salah satunya ya. Mau mempelajari multi bahasa boleh, fokus di satu bahasa juga boleh. Analogikan saja semacam dokter umum VS dokter ahli, tentu sudah jelas kan, beda diantara keduanya?

4. Memahami OOP( Object Oriented Programming)

Mengapa kamu wajib berlatih OOP? Dengan memahami OOP, saat kamu membuat kode, maka kode program tersebut jadi lebih tertata serta gampang dibaca. Bayangkan bila menulisnya dengan satu script besar ataupun prosedural. Wah, tentu bakalan sangat merepotkan. Bila kamu punya keinginan untuk memahami website framework, sampai dengan mampu untuk menulis sesuatu library sendiri, berarti saat itulah kamu membutuhkan faham akan OOP dahulu kemudian materi Design Pattern. 

Tapi meski OOP ini penting, sesungguhnya tidak semua bahasa pemrograman menerapkan OOP. Beberapa bahasa pemrograman adalah bersifat fungsional dan tidak memakai konsep OOP. 

Kesimpulan

Masih ingin menjadi seorang programmer ? Masih dong ! Karena programmer adalah salah satu profesi yang paling dicari di abad ini. Gajinya pun lumayan gede. Mau belajar programming ? Kenapa nggak ikutan Kodehive Academy saja ?

Dengan materi pelajaran yang up to date dan pembelajaran online yang dinamis, kami yakin suatu hari nanti kamu akan menjadi developer yang handal!

Leave a Reply

×

Konsultasikan dengan kami

Kami akan menjelaskan lebih lanjut mengenai pelatihan kami

× Ada pertanyaan?