Single Blog Title

This is a single blog caption
25 Oct 2021

Apa Itu Coding ? Apa Saja Rekomendasi Bahasa Pemrograman Untuk Pemula ?

//
Comments0

Apa itu coding ? Apakah kamu pernah bertanya mengapa banyak orang yang tertarik dengan coding akhir-akhir ini ?

Tahukah kamu jika bersamaan dengan bertumbuhnya industri digital di tanah air, coding merupakan salah satu keterampilan yang amat sangat diperlukan dalam industri ini. Oleh sebab itu, sebenarnya lumrah jika saat ini timbul sedemikian permintaan akan tenaga kerja yang menguasai dunia ini. Karena itu juga lah banyak sekali sekolah atau akademi yang dengan cara khas- nya masing-masing menjelaskan seluk- beluk mengenai apa itu coding serta bagaimana pemanfaatannya untuk kehidupan sehari- hari dan industri.

Siapakah yang disebut dengan developer ?

Orang yang mempunyai keahlian coding, biasa kita kenal dengan sebutan programmer ataupun pengembang / developer. Orang- orang ini memiliki tugas dengan untuk menyusun deretan kode yang familiar kita sebut sebagai bahasa pemrograman. Dengan menyusun kode- kode tersebut, para developer mampu membangun satu aplikasi dengan berbagai fungsi.

Dan layaknya manusia seperti kamu, komputer juga punya cara tersendiri untuk berkomunikasi. Bahasa yang dipakai di komputer bukan bahasa manusia yang kita gunakan sehari – hari. Namun mereka memiliki bahasa yang kita istilahkan sebagai bahasa mesin. Bahasa mesin ini super simpel. Karena komputer hanya mengenal 1 nilai atau digit. Digit pertama adalah 0 dan digit kedua adalah 1. Kedua digit ini kita kenal dengan sebutan kode biner.

Mengapa Menggunakan Bahasa Pemrograman ?

Kamu bisa saja memberikan instruksi pada komputer dengan memakai bahasa mesin atau kode biner. akan tetapi, metode semacam ini (menggunakan kode biner untuk berkomunikasi dengan komputer)amat tidak efisien serta menghabiskan umurmu. Nah, sebagai jalan keluarnya, lahirlah bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman ini bisa kamu gunakan sebagai alat buat berkomunikasi dengan komputer, supaya lebih gampang.

Masih bingung ? Baik, coba baca ini ya. Apa itu coding ? Dalam bahasa yang simpel, coding merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh programmer untuk berkomunikasi dengan komputer. Tanpa aktivitas coding dari programmer, komputer tidak dapat melaksanakan apa- apa. Ia hanya bongkahan metal berbentuk kotak besar yang dipenuhi kabel, hehehe.

Bagaimana? Apakah kamu mulai tertarik buat menekuni coding dengan lebih dalam ? Jangan khawatir ya, karena Kodehive Academy memiliki semua yang kamu butuhkan untuk jenjang pembelajaran kamu. Di Kodehive Academy, siapapun bisa belajar programming dengan baik dan benar, secara online dan dibimbing oleh mentor yang berpengalaman dan mampu menjelaskan materi, meski kamu seorang pemula. Wah, keren sekali bukan ?

OK, buat kamu yang masih penasaran tentang apa itu coding, silahkan lanjut baca ya. Karena kita akan mengupas masalah ini lebih dalam lagi !

Apa itu coding ?

Dulu, ini adalah keajaiban. Namun di hari ini, kamu (dan siapa saja) bisa menemukan dan menciptakan bahasa pemrograman yang ada dalam bermacam tipe. Tapi di artikel ini, marilah kita fokus pada beberapa bahasa pemrograman yang sudah lazim digunakan banyak orang. Mereka adalah C++, Java, Python, Ruby dan lain sebagainya.

Tiap bahasa pemrograman ini mempunyai ketentuan atau ‘pakem’ penyusunan nan berbeda- beda. Ketentuan – ketentuan ini dikenal dengan sebutan sintaks. Untuk lebih memahami ilustrasi bahasa pemrograman dalam wujud yang simpel, silahkan perhatikan contoh berikut:

Print(“Selamat datang”)

Dalam kode di atas, programmer menginstruksikan komputer buat menulis (menulis = mencetak tulisan = print) frasa “Selamat datang” dalam bahasa pemrograman Python. Nah, kala seorang programmer menulis kode tersebut, sesungguhnya ada 3 tahap yang Sedang terjadi, masing – masing ialah:

1. Programmer memberikan perintah komputer buat menulis frasa “Selamat datang”, dengan menggunakan perintah: print(“Selamat datang”).

2. Kode dari programmer itu setelah itu di- compile, hasilnya berganti menjadi bahasa mesin yang bisa dimengerti oleh komputer.

3. Terakhir, komputer bakalan melaksanakan kode perintah itu, dengan cara menuliskan frasa Selamat datang (tanpa tanda kutip) di layar kamu.

Tiap bahasa pemrograman mempunyai ketentuan – ketentuan tersendiri mengenai aturan dalam penyusunan kode. Dan ketentuan ini sangat ‘ketat’. Artinya, kamu tidak boleh salah 1 huruf atau angka pun. Sebab, kalau kamu keliru dalam penulisannya, maka kode tidak hendak dapat di- compile. Dan kalau kode tidak bisa di – compile, maka komputer tidak mengerti bahasa tersebut. Dan ketika komputer tidak mampu memahami kode kamu, maka jangan harap komputer bisa melaksanakan perintah darimu. Simpel namun ‘mematikan’.

Apakah Melakukan Coding Itu Susah Banget ?

Mungkin saat ini kamu mengalami satu pertanyaan yang membara dalam jiwa (cieee): apakah coding itu susah ? Jawabannya mungkin akan mengejutkanmu. Sebab, pada faktanya, coding itu merupakan kegiatan yang gampang untuk dilakukan.

Kamu dapat berlatih coding dengan masuk ke dalam bimbingan (seperti di kodehive) ataupun apalagi berlatih dengan cara belajar sendiri (otodidak). Tidak hanya itu, kamu sebenarnya jg bisa dengan menulis coding dalam bermacam bahasa pemrograman, tidak harus terpaku hanya pada 1 bahasa saja.

Kemudahan dalam berlatih coding jg ditopang dengan semakin banyaknya sumber belajar yang bisa kamu gunakan. bahkan percaya nggak percaya, semakin hari, semakin banyak situs sumber terpercaya yang bisa kamu gunakan sebagai bahan latihan secara otodidak. Dan bicara masalah belajar programming secara otodidak, kamu bisa pilih buat membeli modul mengenai coding serta bahasa pemrograman ataupun bisa juga menggunakan website – website yang sediakan bimbingan berlatih coding. Misalnya apa? Misalnya Kodehive Academy 🙂 

Macam bahasa pemrograman yang bisa kamu pelajari

Supaya kamu mampu menguasai bahasa pemrograman dengan mudah, sebaiknya kamu pilih tipe bahasa pemrograman yang sesuai untuk kamu. Kami memiliki 5 saran bahasa pemrograman yang cukup simpel yang dapat kamu pelajari dan praktekkan. Ke – 5 bahasa pemrograman ini ialah:

1. Python

Python merupakan salah satu bahasa pemrograman yang telah lumayan ‘tua’. Bahasa pemrograman ini dikembangkan semenjak tahun 1980- an sampai sekarang. Mengapa kami menyarankan bahasa pemrograman python? Sebab Python memungkinkan kamu buat menulis coding dengan cara dinamis dan tidak statis. Bahasa python dinamis sebab secara default dia termasuk bahasa pemrograman yang mensupport object oriented, gaya pemrograman prosedural, atau fungsional.

Pssst…. santai saja kalau kamu masih belum familiar dengan jargon – jargon di sini. Karena nanti kamu akan mempelajarinya di kelas Kodehive Academy!

2. Ruby

Rekomendasi bahasa pemrograman berikutnya adalah Ruby. Ruby cocok untuk pilihan bahan belajar bahasa pemrograman buat pemula. Arsitek Ruby, ialah Yukihiro Matsumoto. Dia memanglah merancang bahasa pemrograman ini supaya dapat dimengerti oleh programmer pemula atau newbie cuma dalam durasi 20 menit. Yes, kamu nggak salah baca. 20 menit!

Jadi, pengen belajar coding namun nggak punya banyak waktu? Belajarlah Ruby! Hahaha!

3. Java

Berikutnya, kamu dapat pula pilih bahasa pemrograman Java yang diketahui selaku bahasa pemrograman object oriented yang berplatform kategori.

perlu kamu tahu, Java jg merupakan bahasa pemrograman yang amat terkenal. Java dapat ditemukan nyaris di berbagai macam program. Java bagus buat membangun aplikasi di platform Android, desktop (Windows atau iOS), atau video games.

Nah, sebenarnya kamu jg dapat jadi salah seorang programmer andal. Kami yakin dengan banyak berlatih serta belajar, kamu pasti bakalan sanggup memanfaatkan coding buat bermacam tipe aplikasi serta permainan. 

Kesimpulan

Apa itu coding? Coding adalah aktivitas menulis kode sebagai jembatan komunikasi antara manusia dan komputer. Dengan coding, kamu bisa menyuruh komputer melakukan apa saja sesuai kemauanmu.

Ayo belajar bahasa pemrograman di Kodehive Academy. Kamu akan belajar secara online bersama tentor yang friendly, materi yang up to date serta modul yang lengkap. Jadilah developer handal bersama Kodehive Academy !

Leave a Reply

×

Konsultasikan dengan kami

Kami akan menjelaskan lebih lanjut mengenai pelatihan kami

× Ada pertanyaan?