Single Blog Title

This is a single blog caption
25 Oct 2021

Apa Itu Bahasa Pemrograman dan Apa Saja Yang Paling Populer ?

//
Comments0

Bahasa pemrograman merupakan himpunan sintaks yang berperan guna memerintahkan piranti lunak pada komputer. Tidak hanya itu, bahasa pemrograman dikenal pula dengan sebutan bahasa komputer ataupun bahasa pemrograman komputer. Dengan kata lain, bahasa ini digunakan buat membuat program komputer memakai peraturan logika komputer. Atau  bahasa yang memungkinkan kamu untuk memerintahkan kepada komputer supaya menjalankan perintah yang kamu mau.

Mengapa Belajar Bahasa Pemrograman Itu Penting?

Nah, bisa jadi Kamu penasaran, mengapa sih berlatih bahasa pemrograman itu penting banget?

Sebenarnya terdapat banyak hal yang nantinya dapat Kamu lakukan dengan menguasai bahasa pemrograman. Mulai dari membuat web, membuat aplikasi, sampai mengolah informasi- informasi penting. Pokoknya, belajar bahasa pemrograman merupakan salah satu tips yang terbaik buat tingkatkan karir Kamu di dalam pekerjaan. Apalagi kalau kami bekerja di industri teknologi.

Kenapa Kamu Sebaiknya Mulai Belajar Bahasa Pemrograman?

Sekarang ini ada banyak agensi ataupun developer yang menawarkan layanan web instan. Layanan ini sudah pasti mempermudah seorang yang tidak mengenali bahasa pemrograman (masih nol) buat membuat web. Nah. walaupun gampang, namun tidak seluruh hal tentang website ini bisa dilakukan tanpa paham mengenai bahasa pemrograman komputer. Dari sini saja kita sudah mengerti mengapa kamu butuh memahami bahasa pemrograman, setidaknya sekelumit tentang pemrograman komputer.

Di dunia industri IT, sering banget terdapat sebagian request / keinginan klien, konsumen atau atasan yang sangat memerlukan keahlian pemrograman. Misalnya, mengganti sebagian baris kode untuk menghasilkan tampilan atau fungsi tertentu supaya pas dengan apa yang konsumen / klien / perusahaan ingin dan butuhkan. Dalam kasus ini, kamu mesti memerlukan keahlian pemrograman untuk menjalankan tugas tadi. Sehingga tampilan bisa pas, dan fungsi baru bisa ditambahkan sesuai dengan apa yang diinginkan / dibutuhkan.

Sebaliknya ketika kamu membuat web sendiri memakai bahasa pemrograman yang dipahami, pastinya hal ini akan memberikan pengalaman tersendiri. Kamu memiliki kebebasan buat menyesuaikan tampilan atau fungsi apa saja dengan apa yang kamu atau konsumen inginkan.

Itu baru tentang website. Padahal fungsi bahasa pemrograman bukan hanya untuk membangun web. Bayangkan ketika kamu memiliki kekuatan untuk membuat aplikasi yang simpel atau rumit, yang semua aplikasi ini berjalan sesuai maumu. Bukankah itu menyenangkan?

Beberapa Jenis Bahasa Pemrograman serta Contoh Bahasa Pemrograman

Selanjutnya inilah yang merupakan bahasa pemrograman paling populer menurut pencarian di Google:

  1. Python
  2. Java
  3. JavaScript
  4. C#
  5. PHP

Macam- macam bahasa pemrograman terpopuler bagi pencarian Google

1. Python

Bila dikategorikan dalam level atau jenjang bahasa komputer, Python ini termasuk ke dalam bahasa pemrograman tingkatan tinggi. Serupa dengan bahasa lain semacam Java, Phyton dapat dipakai buat membuat aplikasi dari web serta mobile.

Bila Kamu baru mengawali belajar programming, Python tergolong bahasa pemrograman yang lumayan gampang buat dipelajari. Tidak hanya itu masih banyak keunggulan semacam, sintaks yang dipakai lumayan simpel. Pemuatan kembali dengan cara dinamis modul phyton serupa memodifikasi aplikasi tanpa menghentikannya.

Walaupun memiliki banyak keunggulan, masih terdapat sebagian kekurangan Python yang bisa jadi hendak sedikit merepotkan, seperti sebagian penugasan ada diluar dari jangkauan python. Namun ini akan kita bahas di kesempatan lain kali.

2. Java

Tidak cuma mampu digunakan buat membuat aplikasi desktop, Java bisa juga dipakai buat membuat aplikasi mobile. Jadi bahasa Java ini dikembangkan pada tahun 1991. Dan semenjak 23 Mei 1995 diluncurkan, bahasa pemrograman Java langsung meroket & jadi bahasa pemrograman favorite para pengembang. Java memberikan perbedaan terkini dalam kemajuan teknologi data. 

Ditambah lagi, perusahaan SUN penang nge-share source code bahasa Java secara gratisan lewat website.

Pesona open source membuat Java bertumbuh subur & diakui kehebatannya oleh para developer. Oleh sebab kepopulerannya itu Java merupakan salah satu bahasa pemrograman yang harus kamu pahami. 

Dan sampai tulisan ini dibuat, bahasa pemrograman Java ini telah menjadi bahasa pemrograman paling terkenal. Sebab hampir semua developer atau pengembang web setidaknya pernah mencoba menggunakan bahasa ini meskipun hanya sekali.

Tidak hanya dipakai buat membuat web, Java banyak digunakan buat membuat aplikasi desktop maupun mobile.

3. Javascript

Asal usul JavaScript diawali kurang lebih tahun 1994. Saat itu internet serta web tengah alami kemajuan yang amat cepat. Web di hari tersebut biasanya hanya terbuat memakai bahasa pemrograman PERL. Yang pemrosesannya cuma dapat dilakukan di bagian website server.

Tugas Javascript terhitung eksklusif, sebab dia sanggup mengembangkan web statis menjadi website yang menarik serta interaktif. Dan, sekarang ini banyak sekali web yang memakai Javascript pada kode program di dalamnya. Hal ini tentunya tidak membingungkan, sebab Javascript pada awal pembuatannya memanglah dibesarkan dengan tujuan spesifik, yakni untuk membuat dan mengembangkan web.

Keunggulan Javascript ada pada kemampuannya yang tidak memerlukan resource memori besar (enteng banget), serta tidak memerlukan resource memori yang besar, bahasa pemrograman ini dinamis, serta gampang buat dikembangkan.

4. C#

Bahasa pemrograman C# ini lebih banyak dipakai pada program Windows karena berjalan pada platform dot NET (.NET). Sebab bahasa ini tidak jauh dari C ataupun C++. Bahasa pemrograman ini pula banyak dipakai buat pengembangan banyak video games.

C# memiliki sebagian keunggulan yang bisa dijadikan satu semboyan. Yakni: flexible, powerful, easy to use.

Fleksibel disebabkan bahasa komputer C# bisa dieksekusi di mesin komputer sendiri ataupun dikirimkan lewat website serta di eksekusi di komputer yang lain.

Powerful, artinya bahasa pemrograman C# ini hampir-hampir mirip kaya C++. Jadi bahasa ini memiliki fitur yang lengkap. Apakah hanya itu? Tentu tidak. Style bahasa C# lebih halus, sehingga user akan lebih mudah memakainya.

Easy to use sebab C# memodifikasi perintah yang seluruhnya serupa dengan C++ serta memberitahu dimana posisi kekeliruan kita apabila terdapat kekeliruan dalam aplikasi, hal ini bisa mengurangi durasi kita dalam mencari error.

5. PHP

Semenjak dikembangkan pada tahun 1994, PHP jadi bahasa pemrograman yang terkenal di dalam komunitas developer website buat mengembangkan web. Banyak web besar memakai bahasa ini sebagai salah satu komponen utamanya. Misalnya saja Konten Management System (CMS) semacam WordPress serta Joomla. Mereka ini terbuat dengan bahasa pemrograman dasar PHP. Mau contoh perusahaan besar lain? Silahkan tengok Facebook serta Wikipedia. Mereka juga menjadi pemakai bahasa ini.

PHP merupakan bahasa script yang tidak menerapkan suatu kompilasi dalam penggunaannya. Website Server yang mensupport PHP bisa ditemui dimana–mana dari mulai Apache, IIS, Lighttpd, sampai Xitami dengan bentuk yang relatif simple. Dalam bagian pengembangan lebih mudah, sebab banyaknya milis–milis serta developer yang siap menolong kamu ketika menemui masalah dalam pengembangan website.

Namun di sisi lain, PHP mempunyai kelemahan keamanan secara spesifik bila programmer tidak teliti dalam melaksanakan pemrograman serta kurang mencermati isu serta susunan PHP. Bahasa pemrograman ini tidak sempurna buat pengembangan proyek besar besar. Berlainan dengan Java, bahasa pemrograman ini tidak mempunyai sistem pemrograman berorientasi objek yang real (bahkan hingga versi 4 ini). PHP tidak dapat memisahkan antara tampilan dengan logik dengan bagus (walaupun pemakaian template PHP sanggup memperbaikinya)

Kesimpulan

Demikianlah pengertian bahasa pemrograman dan beberapa contoh yang paling populer menurut google. Mengenal tipe-tipe bahasa pemrograman ini penting untuk kamu yang baru belajar bahasa pemrograman. Terimakasih telah membaca artikel ini, dan nikmati artikel kami yang lain. 

Leave a Reply

×

Konsultasikan dengan kami

Kami akan menjelaskan lebih lanjut mengenai pelatihan kami

× Ada pertanyaan?