Single Blog Title

This is a single blog caption
25 Oct 2021

Apa Langkah-Langkah Belajar Coding Yang Benar Untuk Pemula ?

//
Comments0

Kamu mau belajar coding tapi takut kelamaan ? Coba, ujar siapa berlatih coding itu wajib duduk lama- lama dengan segala modul yang kompleks ? Tenang saja kawan, karena asumsi itu sudah tidak lagi berlaku. Ini karena para ilmuwan sudah menerapkan bermacam inovasi buat mempermudah pembelajaran mengenai coding serta pengembangan web. Coding sendiri merupakan instrument vital buat website development.

Di postingan kali ini, kami bakal ulas seluk- beluk mengenai belajar coding otodidak, yang dapat memudahkan kamu buat menekuni coding, khususnya untuk kamu yang pendatang baru. Ayo kita ikuti detailnya, diawali dari memahami apa yang didefinisikan dengan coding.

Apa Itu Coding?

yang dimaksud dengan Coding ialah cara membuat komputer menjalankan apa yang kita mau dengan menuliskan serangkaian bahasa pemrograman. Coding meliputi banyak tahap. Dari mulai menuliskan kode, membetulkannya (jika ada yang salah), sampai memelihara atau maintenance. Coding bisa dikatakan sebagai pilar utama suatu program komputer.

Di sisi lain, bahasa pemrograman merupakan sesuatu bahasa yang berperan membagikan perintah pada komputer. Bahasa tipe ini terdiri dari sesuatu gabungan dari ketentuan sintaks serta semantic, dengan bahasa pemrograman ini, maka program- program komputer dapat terdefinisi. 

Mengapa kita belajar Coding ?

Jawabannya: banyak! Karena seperti yang telah kita sama-sama tahu, bahwa coding itu seperti menyuruh komputer untuk melakukan apa yang kita mau. Sehingga, menguasai coding berarti menguasai komputer. 

Sedangkan fungsi coding untuk diri sendiri, coding berguna buat melatih kecermatan. Kenapa? Karena dengan menekuni coding, kita bakal kompeten buat menguasai serta mencermati ratusan apalagi ribuan kode yang ada dalam sesuatu program.

Coding jua amat berguna buat melatih daya pikir. Dalam coding, kita belajar buat menggunakan 100% logika buat membuat suatu algoritma. Kita juga jadi dapat membuat serangkaian perumusan maka seluruh permasalahan pemrograman dapat lebih gampang serta simpel. Melatih otak serta logika lewat coding pada kesimpulannya bakal meningkatkan kemampuan diri kalian.

Dan jika kamu mau, kamu bisa mengakses banyak situs berikut untuk belajar coding gratis. Situs- situs yang dapat mensupport berlatih coding antara lain yakni Coursera, Github, Codecademy, Udemy, edX, Khan Academy, Code Avengers serta W3schools. com. Namun jika kamu ingin belajar coding bersama dengan mentor yang berpengalaman, dilakukan secara online serta dibimbing dengan baik, Code Hive ahlinya 🙂

Metode Coding Lewat Web

Sesudah mengenali apa itu coding dan fungsinya, kemudian mungkin kamu akan bingung tentang bagaimana mengawalinya? Terlebih untuk yang newbie alias pendatang baru. Apalagi belajar sendiri / otodidak  pula, bisa bisa kepala pusing sebab kebingungan buat memulai latihan coding, hehehe.

Walaupun kamu mau berlatih coding dengan cara otodidak, sebenarnya tidak perlu takut bila menemui banyak kesulitan. Karena seperti sudah dikatakan, terdapat banyak web serta segudang fitur yang menolong kalian berlatih coding. Meskipun untuk belajar coding, memang lebih enak mengikuti kursus online di hive academy sih, hehehe.

OK, tanpa berlama-lama lagi, silahkan ikuti langkah- langkah selanjutnya ini, berhubungan dengan metode coding website:

  1. Mulai dari HTML

HTML ialah intinya inti dari satu halaman website secara keseluruhan. Menekuni HTML sebenarnya lumayan gampang & kamu juga tidak butuh lancar akan dasar- dasar coding terlebih dulu. 

Modal kalian buat berlatih HTML yakni familiar dengan pemakaian website browser semacam Google Chrome ataupun Mozilla Firefox.

  1. Selanjutnya belajar tentang CSS

CSS serta PHP amat bermanfaat buat kamu dalam menguasai serta membuat bentuk web yang menawan, menarik serta dinamis, menyesuaikan kebutuhan serta keinginan.

  1. Setelah CSS, upgrade ke PHP

Sesudah kalian familiar dengan HTML serta CSS, dan mengerti metode mengoperasikannya, kini saatnya lanjutkan pembelajaran kamu ke bagian Website Programming dengan PHP. 

Ini maksudnya, kalian sudah bakal mengawali pelajaran mengenai bahasa pemrograman komputer. Dengan menekuni PHP, berarti kalian hendak berlatih menata jalan logika, mengerjakan hasil form HTML, sampai berinteraksi dengan database semacam MySQL. Dan pada saat berhasil membuat web dengan PHP, kamu tidak boleh lupa buat penempatan informasi ke dalam database.

  1. Akhirnya, lengkapi Cara Pembelajaran dengan Animasi dengan JavaScript

JavaScript sebenarnya satu kategori dengan PHP. PHP ialah ialah bahasa pemrograman murni. Kalau dengan JavaScript bakalan membuat laman website kamu tampak interaktif, dan membuat visual lebih berseni, sedangkan PHP merupakan bahasa pemrograman yang memakai konsep berbasis objek.

  1. Metode Coding Android

Sebenarnya tidak saja mesti memakai Komputer, melaksanakan pembelajaran serta aktivitas coding di hari ini dapat kamu coba dengan ponsel android. Teknologi yang terus menjadi maju sudah menciptakan berbagai ragam adaptasi, dan ini menjadikan cara coding jadi lebih dinamis.

5 Aplikasi Berlatih Coding Melalui smartphone

Banyaknya inovasi teknologi nyata memudahkan pekerjaan. Kamu dapat membuat coding dimanapun dengan smartphone Android kamu. Selanjutnya yakni 5 aplikasi yang dapat kalian gunakan buat membuat coding:

  1. AIDE, ialah aplikasi code editor yang dilengkapi dengan bimbingan serta petunjuk pembelajaran coding.
  2. Code Peeker, ialah aplikasi yang mensupport cara coding dengan bermacam opsi syntax. Oleh sebab itu, dia dapat berikan pemecahan pada saat terjadi error.
  3. Deuter IDE, aplikasi ini sanggup melaksanakan compile dengan cara online serta didesain cocok dengan ponsel pintar. Aplikasi ini jua mensupport 40 bahasa pemrograman.
  4. DroidEdit Free, ialah aplikasi coding yang amat familiar untuk yang kerap memakai Notepad++
  5. TurboEditor, ialah aplikasi open source yang menyediakan macam custom coding dengan cara free. Aplikasi ini pula sediakan Auto mode buat penghematan serta penyimpanan file.

Tidak hanya dari kelima aplikasi tadi, masih banyak lagi aplikasi coding melalui android yang dapat kamu maanfaatkan. Di antara aplikasi itu ialah Our Code Editor, Quick Edit, Quoda serta Decoder.

Bila Coding telah tuntas, umumnya program bakal di upload ke server, nah disini diperlukan server hosting yang mumpuni supaya web ataupun aplikasi kalian tidak down ketika di upload.

Dasar- dasar Coding

Pada dasarnya, coding tidak bakal jauh jauh dari bahasa pemrograman. Seperti yang sudah di jelaskan di bagian sebelumnya, ada bermacam bahasa pemrograman yang sebaiknya kamu kuasai agar kemudiannya kamu bisa menjadi terbiasa menerapkan coding buat bermacam macam kebutuhan.

Nah, seperti halnya menekuni bahasa asing lain, bahasa pemrograman mempunyai beberapa bentuk dasar. Ada pula bentuk dasar bahasa pemrograman ialah bentuk rentetan, Bentuk Perulangan serta Bentuk Percabangan. Untuk ulasan lebih detailnya, perlu masuk ke ulasan yang lebih intens & khusus.

Kesimpulan

Coding ialah cara pengolahan kode dengan memakai kaidah- kaidah bahasa pemrograman, dari mulai menuliskannya, memperbaikinya (jika ada yang kurang atau rusak) , sampai maintenance atau memeliharanya. Coding juga amat berguna buat melatih otak dan cara berpikir logika. karena dalam coding, kita belajar buat menggunakan akal sehat buat mencipta sebuah algoritma. 

Demikianlah postingan mengenai belajar Coding untuk pemula. Pada dasarnya, semua ini (belajar coding dasar dan belajar materi lain) membutuhkan niat baja dan kemauan yang keras. Akhirnya untuk kamu yang udah gemes ingin belajar pemrograman dan coding, tidak ada salahnya untuk mendaftar di code hive academy. Karena kami adalah tempat belajar coding dengan mentor yang kompeten dan pola belajar yang menyenangkan !

Kami tunggu di kelas ya !

Leave a Reply

×

Konsultasikan dengan kami

Kami akan menjelaskan lebih lanjut mengenai pelatihan kami

× Ada pertanyaan?