Single Blog Title

This is a single blog caption
kelompok pelajar di depan laptop sedang bahagia
12 May 2022

Pilihan Program Studi untuk Siap Bersaing di Industri Digital!

//
Comments0

Beberapa program studi diprediksi memiliki peluang kerja yang tinggi di era digital, khususnya hingga 2030 mendatang.

Hal ini didasari pada laporan World Economic Forum (WEF) dalam The Future of Jobs Report 2020 terkait sejumlah profesi yang banyak dicari di pasar tenaga kerja.

Menurut WEF, setidaknya ada empat profesi yang diprediksi populer di masa mendatang.

Keempatnya adalah Analis Data dan Ilmuwan, Artificial Intelligence (AI) Specialist, Marketing dan Digital Strategy Specialist, dan Digital Transformation Specialist.

Yup! Jika dilihat dalam beberapa tahun terakhir industri digital memang sedang berkembang pesat.

Bahkan, kini di Indonesia sendiri sudah ada beberapa perusahaan berbasis digital yang mendapatkan gelar Unicorn.

Nah, untuk bisa masuk ke bidang profesi tersebut peran program studi yang mendukung selama di perguruan tinggi memiliki peran penting.

Lantas, apa saja ya prodi yang dimaksud? Yuk simak ada apa saja!

1. Teknologi Sains Data

Data Science merupakan ilmu terapan yang secara khusus mempelajari dan menganalisis data yang banyak diterapkan di berbagai bidang.

Fungsi ilmu Sains Data dalam era digital dan big data saat ini cukup penting karena begitu melimpahnya data yang tersedia.

Data menyediakan informasi yang dapat menentukan keputusan penting dalam berbagai sektor industri.

Universitas di Indonesia yang menyediakan jurusan ini adalah Universitas Airlangga, Institut Teknologi Sepuluh November, IPB, dan Binus University.

2. Teknik Informatika

Image: Freepik

Teknik informatika berkaitan erat dengan ilmu matematika dan memahami logika.

Mahasiswa Teknik Informatika akan menghabiskan banyak waktu dengan pemrograman, dan pemrograman itu sendiri adalah perwujudan dari algoritma (matematika dan logika).

Program studi Teknik Informatika mempelajari dan menerapkan prinsip-prinsip ilmu komputer dan analisa matematis untuk desain, pengembangan, pengujian, dan evaluasi perangkat lunak, sistem operasi dan kerja komputer.

Jurusan Teknik Informatika ini sudah tersedia dibanyak universitas di Indonesia seperti Binus University, Universitas Indonesia, ITB, Universitas Diponogero, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Prospek Karier dan Basic Skill Programmer di 2022

3. Manajemen dan Bisnis

Image: Freepik

Ilmu manajemen adalah ilmu yang selalu dibutuhkan dari masa ke masa.

Nantinya, mahasiswa akan mempelajari ilmu manajemen, analisis bisnis, dan kewirausahaan yang tentunya dibutuhkan di dunia industri.

Pada awal masa perkuliahan kamu juga akan mendapatkan pengetahuan dasar tentang bisnis dan ilmu manajemen.

Hampir semua universitas di Indonesia memiliki jurusan manajemen dan bisnis beberapa diantaranya yaitu Manajemen dan Bisnis di antaranya Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, IPB University, hingga Binus University.

4. Digital Marketing

Image: Freepik

Di era digital, tentunya digital marketing menjadi jurusan yang paling dicari. Mahasiswa nantinya akan mempelajari strategi pemasaran digital, optimalisasi media sosial, hingga analisis pasar.

Seperti namanya, pada prodi Digital Marketing kamu akan mempelajari cara-cara mempromosikan sebuah brand melalui media digital yang mampu menjangkau konsumen secara tepat, cepat, personal, dan relevan.

5. Sistem Informasi

Pada program studi Sistem Informasi akan mempelajari bagaimana mendesain sistem yang tepat berdasarkan tujuan organisasi atau perusahaan sesuai dengan kebutuhan dan proses bisnis.

Program studi ini cocok untuk kamu yang ingin terjun ke ranah IT, namun tidak terlalu ingin mendalami programming, atau ingin sekaligus dapat ilmu bisnis dan manajemen.

Prodi Sistem Informasi juga pas untuk kamu yang suka bekerja dengan orang banyak, dan pastinya harus dibarengi dengan kemampuan komunikasi yang baik.

6. Cyber Security

Image: Feepik

Keamanan di bidang digital tentu selalu dibutuhkan di era digital saat ini.

Pada umumnya, program studi Cyber Security mempelajari bagaimana cara memproteksi berbagai industri dan pemerintah dari serangan yang ada pada dunia maya (cyber attack).

Prodi ini dirancang khusus untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keahlian dalam pengujian, perancangan, dan implementasi pertahanan dalam dunia maya.

Jurusan Cyber Security memiliki dasar yang kuat pada komputer sains serta teori dan kemampuan berpikir kritis mengenai teknologi dunia maya masa kini.

Jurusan ini dapat ditemukan di Binus University, Universitas Padjadjaran, hingga Universitas Gadjah Mada.

7. Industrial Robotic Design

Image: Unsplash

Program studi Industrial Robotics Design mempelajari seluk-beluk robot industrial seperti merancang robot canggih yang dipergunakan untuk membantu proses produksi pada pabrik.

Seperti yang kita ketahui, produktivitas, efektivitas, efisiensi, dan kualitas adalah aspek terpenting dalam kegiatan industri.

Di zaman yang sudah canggih ini, segala aspek tersebut bisa ditunjang dengan hadirnya sistem produksi berbasis robot.

Robot-robot tersebut menggantikan tenaga manusia sehingga proses produksi dapat berjalan lebih cepat dan meminimalisir kemungkinan terjadinya human error.

8. Data Science dan Artificial Intelligence

Image: Freepik

Data Science and Artificial Intelligence adalah bagian dari keilmuan Informatika yang mensinergikan disiplin ilmu komputer dan statistika.

Saat ini, jurusan ini merupakan bidang yang sedang berkembang pesat dan dibutuhkan di banyak perusahaan di seluruh dunia. 

Mahasiswa nantinya akan mempelajari berkaitan dengan ilmu komputer yang dielaborasikan dengan informatika.

Jurusan ini ada di Universitas Airlangga, Institut Teknologi Bandung, hingga Universitas Surabaya.

Leave a Reply

×

Konsultasikan dengan kami

Kami akan menjelaskan lebih lanjut mengenai pelatihan kami

× Ada pertanyaan?