Single Blog Title

This is a single blog caption
9 Nov 2021

Ingin Bikin Program Yang Bisa Jalan Di SEMUA Platform? Bahasa Pemrograman Java Solusinya !

//
Comments0

Hai, gimana kabarnya ? Semoga semuanya baik-baik saja ya. Oiya, ngomong-omong tentang bahasa pemrograman Java, apakah taku tahu jika bahasa ini adalah salah satu bahasa pemrograman yang terkuat ?

Ya, bahasa pemrograman Java adalah termasuk salah satu bahasa pemrograman paling populer yang banyak digunakan para developer. Mereka menggunakan bahasa pemrograman Java untuk membuat dan men-develop aplikasi mobile, desktop, hingga website. 

Bahasa Java banyak digunakan para developer karena memiliki berbagai kelebihan. Oleh sebab itu, bahasa pemrograman Java cocok dipelajari seorang yang sedang belajar programming. Karena akan ada banyak proyek yang bisa kamu kerjakan, kamu selesaikan dan kamu sempurnakan dengan bantuan Java.

Hari ini, kita akan mendalami apa itu bahasa pemrograman Java, apa kelebihan dan apa kekurangannya. Buat kamu yang berniat belajar bahasa pemrograman Java, silahkan duduk yang tenang dan siapkan camilan dan minuman terbaikmu ya !

Sejarah Pengembangan Bahasa Pemrograman Java

Sejarah bahasa pemrograman Java dimulai pada 1991, sebuah perusahaan teknologi bernama Sun Microsystems memprakarsai sebuah proyek pembuatan bahasa pemrograman yang baru. Proyek ini mereka beri nama “The Green Project”.

Tim The Green Project berisi tiga orang. Mereka adalah James Gosling, Patrick Naughton, dan Mike Sheridan. The Green Project ini dibentuk dengan tujuan guna membuat bahasa pemrograman baru yang lebih handal dari bahasa pemrograman yang saat itu banyak digunakan, yakni C dan C++.

Setelah The Green Project berjalan selama delapan belas, sang developer, James Gosling, pada akhirnya sukses membuat dan mengembangkan bahasa pemrograman yang sama sekali baru. Bahasa pemrograman yang baru lahir ini diberi nama Oak.

Akan tetapi, nama Oak tersebut ternyata telah terdaftar sebagai merek dagang dari sebuah perusahaan lain bernama Oak Technology.

Tak punya pilihan lain, sekitar tahun 1995, perusahaan Sun Microsystem lalu secara resmi mengganti nama Oak menjadi Java. Lucunya, ide nama Java ini kabarnya, ketika tim ini terinspirasi dari Java Coffee / Kopi Jawa. Itulah sebabnya, logo untuk bahasa pemrograman Java adalah gambar secangkir kopi.

Bahasa pemrograman Java terkenal punya slogan “Write Once, Run Anywhere”. Hal ini bukan menyombongkan diri. Namun bahasa ini menunjukkan diri bahwa setiap baris kode program yang telah ditulis menggunakan Java, bisa langsung berjalan dan beroperasi pada banyak platform yang berbeda-beda tanpa perlu menyusun ulang.

Pertanyaannya: Mengapa bisa demikian ?

Ini dikarenakan aturan penulisan bahasa pemrograman Java akan tersimpan dalam file berekstensi java. Nah, dengan memakai ‘java compiler’, seorang developer mampu menyusun file dengan ekstensi java jadi sebuah file yang memiliki ekstensi ‘class’.

File yang memiliki ekstensi ‘class’ inilah yang nantinya akan disebut sebagai bytecode. Dan bytecode ini bisa berjalan dan beroperasi di semua Java Virtual Machine (JVM).

Dan jika kita lihat dari penggunaannya, sebagai satu bahasa pemrograman untuk umum, maka kamu akan bisa memakai bahasa pemrograman Java untuk membuat berbagai aplikasi yang kamu butuhkan atau inginkan.

Ya, kamu bisa membuat banyak aplikasi dengan bahasa pemrograman ini. Mulai dari aplikasi khusus untuk desktop, membuat website, aplikasi perangkat mobile, sampai dengan aplikasi embedded device (khusus) seperti halnya perangkat pintar (smart device) atau mikroprosesor.

Sementara itu dalam mengaplikasikan bahasa pemrograman Java, bahasa ini tidak mensupport pemrograman yang prosedural. Melainkan bahasa pemrograman Java memakai konsep pemrograman dengan basis object.

Kelebihan Dan Kekurangan Bahasa Pemrograman Java

Sekarang kita masuk ke ranah inti, yakni Mengapa Java banyak digunakan. Ini tidak terlepas dari banyaknya kelebihan (dan kekurangannya, tentu saja) dari bahasa pemrograman yang terinspirasi dari secangkir kopi ini.

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa banyak developer menggunakan bahasa pemrograman Java.

Kelebihan Bahasa Pemrograman Java

1. Gampang Dipakai

Perlu diketahui bahwa basic dari bahasa pemrograman Java ialah bahasa pemrograman C++. Namun meskipun bahasa pemrograman tersebut (C++)  cukup powerful, namun bahasa pemrograman C++ dirasa belum cukup untuk berbagai kebutuhan IT di hari ini.

Karena itulah bahasa pemrograman Java dibangun. Java dibangun dan dikembangkan sebagai peningkatan fungsi dari bahasa pemrograman C++ agar lebih aplikatif dan bisa dipakai di platform yang lebih luas. Hal inilah yang membuat bahasa pemrograman Java menjadi salah satu bahasa pemrograman yang kuat, namun cukup sederhana untuk digunakan oleh siapapun.

Bahkan, jika kita bahas secara lebih spesifik, jika kamu memang sudah terbiasa menggunakan bahasa pemrograman C++, maka kemungkinan besar kamu tidak akan banyak menemui kesulitan ketika belajar pemrograman bahasa Java.

2. Berorientasi pada objek

Seperti yang telah kami nyatakan di atas, bahwa salah satu kelebihan bahasa pemrograman Java ini hal ini ada kaitannya dengan sifat bahasa ini yang berorientasi pada objek. Hal ini tentu saja berbeda dengan ‘nenek moyangnya’ yakni bahasa pemrograman C++. Yang mana C++ ini, orientasi kepada objeknya hanya setengah hati, atau bisa dianggap ‘semi’ orientasi kepada objek.

Bahasa pemrograman Java ini punya beberapa fitur dari bahasa pemrograman yang berorientasi kepada objek atau disebut juga object-oriented programming language (disingkat OOP). Fitur-fitur orientasi objek tersebut di antara lain adalah: abstraction, encapsulation, inheritance dan polymorphism.

3. Keamanan

Awalnya, bahasa pemrograman Java ini ditujukan hanya untuk perangkat mobile, supaya mereka mampu bertukar data (transfer)  lewat jaringan. Nah, hal inilah yang membuat bahasa pemrograman Java dikembangkan dengan mindset ‘harus memiliki tingkat keamanan tinggi’. Karena di sini yang ‘dipertaruhkan’ adalah keamanan data yang sedang diransfer.

Dan ini berhasil. Sampai hari ini, bahasa pemrograman Java bisa diakui merupakan salah satu bahasa pemrograman populer dengan level keamanan yang cukup tinggi. Bahkan, menurut CodeJava, akhir-akhir bahkan ini tidak terdengar lagi ada virus yang mampu menyerang aplikasi Java. Wah, keren ya, bahasa ini!

4. Mampu berjalan dan beroperasi pada banyak platform

Di zaman yang serba interconnected ini, idealnya sebuah program harus bisa bekerja dan beroperasi, terlepas dari platform atau gawai apa yang sedang digunakan user (pengguna) untuk mengoperasikannya. 

Nah, bahasa pemrograman Java ini ditulis sebagai salah satu bahasa pemrograman portable dan sangat bisa digunakan secara cross-platform atau lintas platform.

Hal inilah yang membuat bahasa pemrograman ini dapat digunakan di berbagai platform. Mulai lintas sistem operasi, lintas hardware, bahkan lintas perangkat. Tentu saja ya, ini cocok dengan slogan ‘write once, run anywhere’ (tulis sekali, bisa berjalan di mana-mana). Slogan ikonik yang sampai sekarang ‘nempel’ dengan bahasa pemrograman satu ini.

Kekurangan Bahasa Pemrograman Java

Sebagai satu buah bahasa pemrograman, tentunya Java juga tak lepas dari banyak kekurangan. Misalnya saja, bahasa pemrograman Java mudah di-dekompilasi. Apa itu dekompilasi?

Dekompilasi ialah satu buah proses untuk membalik kode yang sudah jadi, menjadi kode sumbernya (source code). Masalahnya adalah. kode akhir bahasa pemrograman Java tergolong bytecode yang memiliki atribut bahasa tingkat tinggi. Sehingga, dia susah untuk dilakukan proses dekompilasi. 

Selain sulitnya dekompilasi, bahasa pemrograman Java juga dikenal suka ‘makan’ memori yang cukup besar, jika dibandingkan dengan bahasa pemrograman C/C++ dan Pascal (termasuk Delphi dan Object Pascal). Hal inilah yang membuat pengguna device lama, gigit jari. Padahal tidak semua orang memiliki kemewahan untuk punya gawai terbaru, bukan?

Kekurangan bahasa pemrograman ini yang terakhir adalah banyak membutuhkan banyak waktu untuk proses kompilasi sebelum akhirnya bisa dijalankan.

Kesimpulan

Wah, keren ya, bahasa pemrograman ini. Apakah kamu masih berniat untuk belajar dan mendalami bahasa ini? Pastinya masih dong!

Nah, kalau begitu, kenapa tidak mendaftar ke Kodehive academy saja? Di sini, kamu akan bertemu dengan banyak teman, banyak mentor yang akan mengajari kamu untuk menjadi developer yang menguasai Java.

Ayo menyongsong masa depan gemilang dengan bahasa Java!

Leave a Reply

×

Konsultasikan dengan kami

Kami akan menjelaskan lebih lanjut mengenai pelatihan kami

× Ada pertanyaan?