Single Blog Title

This is a single blog caption
25 Oct 2021

Kursus Coding

//
Comments0

Kursus Coding itu adalah satu pelatihan yang akan mengajarkan kepadamu bagaimana menulis coding dengan baik dan benar. Kamu akan dibimbing oleh trainer yang kompeten dan terlatih. Untuk kamu yang ingin mengikuti kursus atau pelatihan coding, mendingan baca ini dulu deh.

Dalam artikel ini, kamu akan mengerti apa pentingnya mengikuti kursus coding. Sudah siap ?

Sebenarnya, Apa Itu Coding ?

Coding adalah aktivitas menulis barisan kode-kode yang dimaksudkan buat memberikan perintah kepada komputer. Barisan kode-kode ini tidak boleh disusun secara acak! Soalnya dalam coding terdapat peraturan sintaks yang berlaku dan harus kamu ikuti. Gagal mengikuti aturan sintaks ini akan mengakibatkan kode mu tidak dimengerti oleh komputer dan berujung kepada coding yang tidak berfungsi.

Jadi, kamu wajib hati-hati serta fokus memperhatikan kode apa yang ditulis dan bagaimana seharusnya Ia ditulis. Sekali lagi, salah sedikit ataupun melenceng aturan sedikit (meskipun hanya 1 huruf atau 1 angka), itu adalah sebuah kesalahan fatal. Akibatnya komputer bakal gagal mengerti instruksi kamu.

Nah, supaya kamu semakin paham mengenai bagaimana cara coding bekerja, yuk kita bahas dengan simple mengenai peran coding dalam pembuatan suatu web.

Kamu tentu telah mengetahui kalau website development (atau pengembangan website) akrab kaitannya dengan coding. Website development sendiri merupakan sesuatu aktivitas pengembangan sebuah web ataupun aplikasi, yang mana sebagian besar pengerjaannya melibatkan coding.

Pada dasarnya, metode website development sendiri terdiri dari 2 bagian:

Yang pertama merupakan website development itu sendiri. Pada website development ini, pengembangan berpusat pada teknis website tersebut. Pengembangan ini umumnya disebut back end development.

Yang kedua biasa disebut dengan website design. Pada bagian ini, pengembang fokus pada pengembangan bentuk (UI atau UX) pada aplikasi atau web yang dimaksud. Ada banyak pengembangan yang dilakukan. Mulai dari warna, letak dan lokasi navigasi, design web atau aplikasi-aplikasi pendukung lain dan seterusnya. Pengembangan dari bagian visual ini kita sebut dengan front end development.

Nah, meski bahasa coding yang digunakan front end developer dan back end developer tidak sama, namun keduanya wajib benar-benar paham akan coding.

Ini karena front end developer bakal fokus pada bahasa pemrograman yang mengelola tampilan, seperti CSS serta JavaScript. Sebaliknya back end developer bakal banyak melakukan coding dari bagian server, contohnya dengan memakai bahasa pemrograman PHP, C++, Java, ataupun Python.

Mengapa Mesti Ikut Pelatihan Coding ?

  1. Bahasa Masa Depan

Hari ini, konsumsi gadget telah jadi kegiatan tiap hari. Apalagi untuk beberapa kalangan, menggunakan gadget (atau gawai) sudah seperti satu buah keharusan. Mulai dari sekedar membuka aplikasi media sosial, atau main games serta masih banyak lagi. 

Hal ini seharusnya membuat kita berpikir bahwa tidak ada salahnya kita juga melatih diri dengan bahasa yang ada di balik aplikasi tersebut. Khususnya kamu yang ingin masuk ke dunia kerja IT. Mengikuti pelatihan atau kursus coding memanglah metode yang pas untuk mempersiapkan diri. Soalnya, dengan mengikuti pelatihan coding, kamu juga dapat berlatih lebih jauh mengenai coding serta bahasa pemrograman yang dipakai.

Misalnya dari HTML, CSS, PHP, Java, SQL, serta masih banyak lagi. Semua yang akan kamu pelajari ini, nantinya akan menjadi bahasa masa depan. Dan sebagai teknologi yang jadi bagian dari masa depan, semakin cepat kamu menyiapkan keahlian ini maka akan semakin bagus.

  1. Kesempatannya Tidak Terbatas

Dunia kerja IT membuka kesempatan yang amat besar, apalagi tidak terbatas untuk tipe-tipe pekerjaannya. Contohnya saja industri yang mengenakan program Android, pasti menginginkan programmer Android ataupun biasa disebut dengan Android Developer. Ini dilakukan perusahaan pengembang supaya aplikasinya mampu beroperasi dengan bagus tanpa bug. Kamu wajib berlatih coding Android jika kamu ingin mengambil peluang emas ini.

Tidak hanya itu, mempelajari coding juga bakal menghasilkan lapangan pekerjaan sendiri. Bagaimana caranya? Ini bisa kamu lakukan dengan membuat usaha start up sendiri. dengan demikian, secara otomatis kamu akan menghasilkan lapangan pekerjaan baru buat orang-orang yang lain. Mulia sekali ya!

  1. Mempertajam Problem Solving

Alasan yang lain Kamu wajib berlatih coding ialah kamu dapat mempertajam keterampilan problem solving dengan lebih baik lagi. Computational thinking akan menjadi pola pikir yang diperlukan untuk menolong kamu dalam membagi bermacam permasalahan, bisa jadi dari yang sederhana hingga yang kompleks sekalipun.

Coding adalah salah satu contoh yang butuh pemikiran yang out of the box. Mengapa? Sebab di dalam coding menganut ‘banyak jalan menuju roma’. Cocok untuk orang-orang kreatif!

Mengapa Kamu Harus Ikut Kursus Coding Online ?

1. Tidak terdapat batasan

Lokasi menentukan prestasi. Itu dulu. Kini tidak lagi. Lokasi adalah salah satu permasalahan yang harus dialami para peserta serta instruktur dalam kegiatan belajar mengajar. Pada pembelajaran tatap muka, lokasi yang susah dijangkau membatasi sebagian peserta buat mengikuti pembelajaran. Susah dijangkau ini bukan hanya karena akses ke tempat tersebut sulit. Namun juga jarak yang jauh dari tempat tinggal peserta. E-learning kursus coding online ini menjanjikan proses pembelajaran tanpa mengenal jarak dan memungkinkan tiap orang yang tertarik buat belajar bisa hadir secara virtual.

2. Lebih menyenangkan

Mendesain training yang interaktif akan menjadi lebih mengasyikkan. Ini bisa dilakukan lewat pemakaian multimedia ataupun membuat pelajaran serius menjadi sebuah game yang seru dan terus dikembangkan. Tentunya, usaha ‘gamifikasi’ ini akan menaikkan tingkat interaksi & partisipasi peserta. Berbeda dengan pembelajaran tatap muka yang cenderung menggunakan modul training yang sudah lama dan tidak relevan dengan zaman sekarang.

3. Biaya yang efektif

Berapa uang yang dikeluarkan peserta didik untuk mendapatkan buku pelajaran? Pasti tidak sedikit. Masalahnya adalah, buku-buku pelajaran ini sangat mudah ketinggalan jaman. Padahal dunia terus maju dan melahirkan banyak terobosan. Pelatihan coding online akan memberikan akses pembelajaran yang terus diupdate kepada siswa. Sehingga siswa tak hanya mampu belajar dengan materi yang up to date, tapi juga menghemat biaya untuk membeli materi berupa buku cetak yang sangat mudah usang.

4. Sangat sesuai dengan perkembangan zaman

Searah dengan sistem serta industri yang memakai teknologi buat tingkatkan kemampuan operasional tiap hari, pemakaian internet jadi suatu keperluan. Industri multinasional yang bertumbuh di seluruh dunia, membuka tangan buat bekerjasama dengan banyak orang dari negeri lain. Semua dilakukan tanpa tatap muka, dan hanya mengandalkan komunikasi jarak jauh. Konsep inilah yang akan peserta dapatkan di dalam sistem pelatihan coding online.

Sehingga, dengan mengikuti kursus online atau e-learning semacam ini, kamu akan semakin terbiasa dengan dunia komunikasi masa depan.

Kesimpulan

Coding adalah dunia masa depan. Siapa yang mengerti coding akan mudah menjalani masa depan. Sementara yang tidak mengerti coding, akan jadi penonton belaka. Jadi, saatnya meraih masa depan gemilang dengan belajar code di kursus coding kodehive academy!

Leave a Reply

×

Konsultasikan dengan kami

Kami akan menjelaskan lebih lanjut mengenai pelatihan kami

× Ada pertanyaan?