Single Blog Title

This is a single blog caption
15 Oct 2021

Bahasa Pemrograman : Definisi, Fungsi & Macam Macam Contoh

//
Comments0

Bahasa Pemrograman adalah notasi yang digunakan untuk menulis program Komputer. Fungsi Bahasa Pemrograman yaitu memerintahkan Komputer untuk mengolah data sesuai dengan alur berpikir yang kita inginkan. Keluaran dari bahasa pemrograman tersebut berupa program/aplikasi.

Dengan belajar programming atau belajar coding tentu terdapat struktur penyusun, berupa prosedur sistematis yang dinyatakan dalam kode untuk membuat perintah. Ini disebut dengan algoritma, dan setiap jenis bahasa pemograman menerapkan kategori struktur berikut ini.

1.Runtutan

Struktur runtutan dimulai dari langkah awal, yaitu instruksi pertama, kedua, ketiga, dan seterusnya secara berurutan. Setiap instruksi hanya bisa dimulai setelah instruksi sebelumnya selesai dijalankan. Struktur ini selalu dipakai dalam jenis bahasa pemograman apa saja.

2. Perulangan

Struktur perulangan membuat program dapat menjalankan perintah secara berkelanjutan hingga berhenti pada kondisi tertentu. Penghentian perulangan dapat diatur sedemikian rupa dengan kode-kode perintah khusus.

3.Percabangan

Di sini, bahasa pemograman mulai beranjak ke tingkat lanjut. Struktur bahasa pemograman dapat berupa percabangan yang berarti menginstruksikan pada komputer agar dapat membuat keputusan sendiri berdasarkan pilihan syarat-syarat tertentu.

Pengoperasian program melibatkan beberapa perangkat keras komputer. Program terlebih dulu disimpan dalam memori (RAM) sebelum sistem operasi dapat menjalankannya. Sedang prosesor berperan untuk mengeksekusi perintah demi perintah pada saat program tersebut dioperasikan.

Tingkatan Bahasa Pemrograman

Berbagai jenis bahasa pemograman hanya dapat diterapkan menurut fungsi dan disesuaikan dengan perangkat penggunaannya. Hal ini kemudian menjadi dasar klasifikasi bahasa pemograman yang secara umum dibagi menjadi empat kategori, yaitu :

  • Object Oriented Language
  • High Level Language
  • Middle Level Language
  • Low Level Language

Selain itu, bahasa pemograman juga diklasifikasikan berdasarkan kedekatannya dengan perangkat komputer. Terdapat empat jenis bahasa pemograman dalam kategori ini, di antaranya :

  • Bahasa Mesin. Berupa bahasa biner dengan kode angka 0 dan 1.
  • Bahasa Tingkat Rendah. Istilah lain dari bahasa rakitan dengan kode huruf singkat.
  • Bahasa Tingkat Menengah. Menggabungkan kode kata-kata dan simbol.
  • Bahasa Tingkat Tinggi. Menggunakan kode dari istilah yang biasa dipakai manusia.

Berdasarkan kategori di atas, kita bisa menemukan bahwa bahasa pemograman memiliki tiga tingkatan. Penggolongan tersebut diterapkan berdasarkan tingkat kesulitan dan aplikasinya pada perangkat komputer. Berikut tingkatan bahasa pemograman yang umum dikenal.

1. Bahasa Tingkat Rendah

Tingkatan ini merupakan generasi paling awal dari bahasa pemograman. Umumnya masih menggunakan kode-kode biner atau bahasa mesin berupa huruf dan angka. Instruksi yang diterapkan pada mesin atau perangkat masih terbatas dan sederhana.

2. Bahasa Tingkat Menengah

Setingkat di atas kode mesin, bahasa pemograman tingkat menengah mulai menggunakan kode huruf, angka, dan simbol khusus. Beberapa contoh bahasa tingkat menengah, antara lain Assembler dan MASM (Microsoft Macro Assembler).

3. Bahasa Tingkat Tinggi

Bahasa inilah yang paling banyak dipakai saat ini. Biasa digunakan pada pemograman berbasis website dan basis data. Baik untuk diaplikasikan pada perangkat komputer desktop maupun mobile. Yaitu bahasa Turbo C++, Visual Basic, Delphi, PHP, dan Turbo Pascal.

Object Oriented Language termasuk dalam kategori bahasa tinggkat tinggi. Pasalnya, jenis ini kerap kali menggunakan basis data atau jaringan. Namun, ada pula yang menggolongkannya di tingkatan Very High Level, karena banyak melibatkan instruksi otomatis.

Sejarah Bahasa Pemrograman

Tahukah kamu jika ternyata dasar-dasar bahasa pemograman pertama kali diletakkan pada pertengahan abad ke-19? Peletak dasar-dasar tersebut adalah Ada Lovelace, wanita kelahiran London tahun 1815.

Kiprah Ada Lovelace dalam dunia pemograman dimulai ketika ia bertemu dengan Charles Babbage saat berusia 17 tahun. Charles Babbage sendiri adalah penemu perangkat komputer mekanis pertama, dikenal juga sebagai bapak komputer dunia.

Kolaborasi Lovelace dan Babbage kemudian membuahkan Mesin Analitik (Analytical Engine), yaitu sebuah alat hitung otomatis yang dioperasikan menggunakan instruksi dari kode-kode huruf, simbol, dan angka.

Ada Lovelace juga berteori tentang metode menerapkan instruksi berulang-ulang pada sebuah mesin. Dan teori inilah yang menjadi dasar dari penggunaan struktur perulangan pada bahasa pemograman komputer masa kini.

Komputer bertenaga listrik mulai dikembangkan sekitar tahun 1930-an. Pada saat itu, para praktisi mengalami kesulitan dengan pengembangan dan perbaikan program. Kemudian, muncullah bahasa tingkat menengah atau bahasa rakitan yang salah satunya dicetuskan oleh Konrad Zuse pada tahun 1943.

Tetapi, bahasa tingkat menengah masih dipandang menyulitkan dan kurang praktis. Hingga kemudian, para praktisi menyusun bahasa jenis baru yang lebih baik sejak tahun 1950-an. FORTRAN, LISP, dan COBOL, merupakan beberapa jenis bahasa paling inovatif pada saat itu.

Bahasa-bahasa tersebut masih digunakan hingga kini. Bahkan menjadi yang tertua di antara bahasa yang masih digunakan. Bahasa pemograman sendiri mengalami evolusi secara terus menerus, terutama sejak kemunculan Pascal pada tahun 1970 dan Bahasa C dua tahun kemudian.

Pascal dan C termasuk bahasa pemograman generasi ketiga. Kemudian berkembang lagi pada periode 1980-an dengan lahirnya bahasa pemograman generasi keempat. C++ yang merupakan turunan dari Bahasa C dan PERL adalah dua di antaranya.

Kemudian, bahasa pemograman mengalami evolusi terakhirnya pada dekade 1990-an. Pada waktu itu, generasi kelima mulai bermunculan. Berawal dari Phyton dan disusul oleh Ruby, Java, PHP, serta Javascript yang dipakai Google sekarang.

Para praktisi programming belum berhenti melakukan inovasi baru dalam bidang ini. Lahirnya konsep bahasa HTML/CSS, serta generasi terbaru rilisan Microsoft, Bosque, menandakan bahwa revolusi bahasa pemograman masih akan terus berlanjut.

Macam Macam Bahasa Pemrograman

Develop coding web design coding web template Free Photo

Jika dilihat dari sejarahnya, bahasa pemograman saat ini telah menginjak pada fase evolusi kelima. Perkembangan bahasa pemograman telah berlangsung selama puluhan tahun. Tentu saja terdapat banyak jenis bahasa pemograman yang pernah digunakan.

  1. FORTRAN

FORTRAN merupakan singkatan dari Formula Translation. Dianggap sebagai bahasa tertua yang masih dipakai saat ini. NASA adalah salah satu penggunanya. Bahasa ini banyak digunakan untuk pengembangan superkomputer, intelejensi buatan (AI), dan program bisnis.

2. Visual Basic

Merupakan turunan dari bahasa BASIC yang sederhana. Bahasa ini populer ketika fase awal perkembangan komputer personal. Visual Basic dianggap mudah dan cepat dalam penerapannya. Juga masih kompatibel untuk pemograman yang lebih kompleks.

3. C

Bahasa C pertama kali muncul pada tahun 1972. Ini merupakan hasil pengembangan dari Bahasa B, dan merupakan tahap awal dari sistem bahasa pemograman. Bahasa C dapat dipakai untuk berbagai aplikasi. Apple menggunakannya sampai saat ini.

4. C++

Generasi lanjutan dari Bahasa C dengan fitur-fitur lebih kompleks. Bahasa ini adalah yang pertama kali menerapkan konsep Object Oriented. C++ dapat dipakai untuk mendukung penggunaan bahasa tingkat rendah, sementara masih termasuk dalam tingkat menengah.

5. Java

Merupakan bahasa pemograman paling populer dan paling banyak digunakan di dunia. Fleksibilitas menjadi keunggulannya, dapat dipakai untuk berbagai kebutuhan. Mulai dari pemrograman jaringan, pengembangan website, perangkat lunak, dan sebagainya.

6. PHP

Singkatan dari Personal Home Page. Paling banyak digunakan untuk pengembangan website. Raksasa media sosial, Facebook merupakan salah satu perusahaan yang setia menggunakan bahasa pemograman satu ini.

7. Bosque

Microsoft baru saja meluncurkan Bosque pada April 2019. Klaimnya, bahasa ini lebih sederhana dan mudah dipahami, baik oleh programmer maupun komputer. Sebenarnya bahasa ini masih berada dalam tahap pengembangan dan belum sempurna penerapannya.

Leave a Reply

×

Konsultasikan dengan kami

Kami akan menjelaskan lebih lanjut mengenai pelatihan kami

× Ada pertanyaan?