Single Blog Title

This is a single blog caption
6 Oct 2021

Mengenai Seputar API : Fungsi, Contoh Penggunaan, dan Cara Kerja nya

//
Comments0

Dalam belajar programming atau belajar coding, Memahami dan Mempelajari API (Application Programming Interface) merupakan hal yang tidak bisa dilewatkan. Pada penulisan Artikel ini, akan dibahas hal – hal mengenai API. Mulai dari Pengertian, Fungsi, Contoh Penggunaan, dan Bagaimana Cara Kerja nya.

Mengenal Apa itu API ( Application Programming Interface )

API didefinisikan sebagai spesifikasi kemungkinan prediksi interaksi dengan komponen perangkat lunak. Sederhananya API bisa dicontohkan sebagai sebuah kendaraan yang berisi komponen perangkat lunak. API akan mencakup informasi tentang apa yang dapat dilakukannya yakni mempercepat, mengerem, menyalakan radio, dan lain- lain. Didalamnya juga mencakup informasi tentang bagaimana kamu dapat membuatnya melakukan hal-hal yang berguna misalnya, untuk mempercepat, menginjak pedal gas dan mendorong.

Jadi API adalah Antarmuka komputasi yang mendefinisikan interaksi antara beberapa perantara perangkat lunak. Dengan cara mendefinisikan jenis panggilan atau permintaan yang dapat dibuat, bagaimana membuatnya, format data yang harus digunakan, konvensi yang harus diikuti, dan lain- lain. API juga dapat menyediakan mekanisme ekstensi sehingga pengguna dapat memperluas fungsionalitas yang ada dengan berbagai cara dan ke berbagai tingkatan.

Api Free Icon

API dapat sepenuhnya berfungsi secara khusus, terutama untuk komponen, atau dapat dirancang berdasarkan standar industri untuk memastikan interoperabilitas. Melalui penyembunyian informasi, API memungkinkan pemrograman modular, yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan antarmuka secara terpisah dari implementasinya.

Fungsi API bagi Para Developer

Misalkan kamu ingin mengembangkan aplikasi untuk iPhone. Sistem operasi Apple iOS menyediakan sejumlah besar API sama seperti halnya semua sistem operasi lainnya untuk mempermudah pengembang mereka seperti Anda. Berikut ini beberapa fungsi API yang umum bagi setiap pengembang yang menggunakannya :

  • Jika kamu ingin menyematkan peramban web untuk menampilkan satu atau beberapa laman web, misalnya, kamu tidak harus memprogram peramban web Anda sendiri dari awal hanya untuk aplikasi kamu sendiri. Kamu bisa menggunakan WKWebView API untuk menyematkan objek browser WebKit (Safari) di aplikasi kamu.
  • Jika kamu ingin mengambil foto atau video dari kamera iPhone, kamu tidak perlu menulis antarmuka kamera kamu sendiri. Kamu menggunakan API kamera untuk menanamkan kamera bawaan iPhone di aplikasi kamu. Jika API tidak ada untuk mempermudah metode ini, pengembang aplikasi harus membuat perangkat lunak kamera sendiri dan menginterpretasikan input perangkat keras kamera.
     

Tetapi pengembang sistem operasi Apple telah melakukan semua bagian ini sehingga para pengembang hanya dapat menggunakan API kamera untuk menanamkan kamera, dan kemudian melanjutkan membangun aplikasi mereka. Maka ketika Apple meningkatkan API kamera, semua aplikasi yang bergantung padanya akan memanfaatkan peningkatan itu secara otomatis.

Ini berlaku untuk setiap platform. Misalnya, kamu ingin membuat kotak dialog di Windows? Kamu juga bisa mengandalkan API. Ingin mendukung otentikasi sidik jari di Android? Kamu juga bisa menggunakan API. Jadi kamu tidak perlu menguji sensor sidik jari setiap produsen Android serta pengembang tidak perlu mengulang prosesnya terus menerus.

Contoh Penggunaan API ( Application Programming Interface )

Ada banyak API publik di luar sana untuk untuk kamu ketahui dan berinteraksi, Bahkan banyak diantaranya berasal dari raksasa industri. Kemampuan untuk mengakses kode beberapa perusahaan platform secara terprogram melalui API menjadikannya sebuah platform, menjadi API sangat terkenal. Beberapa contoh API yang menonjol termasuk :

  • Google API Yakni API yang memungkinkan Anda untuk menghubungkan kode Anda ke seluruh jajaran layanan Google, dari Maps ke Translate. API sangat penting bagi Google sehingga mereka mengakuisisi Apigee, platform manajemen API terkemuka.
  • API Facebook Yakni yang memungkinkan Anda mengakses secara terprogram grafik sosial dan alat pemasaran Facebook. Facebook sendiri telah membatasi data pengguna apa saja yang dapat Anda akses melalui API ini di jalan keluar dari Cambridge Analytica dan skandal lainnya.

Untuk benar-benar memahami bagaimana API bekerja, Kamu bisa melihat penggunaan Java API, yang digunakan pengembang Java untuk berinteraksi dengan platform Java, dan Twitter API, API publik yang akan kamu gunakan untuk berinteraksi dengan sosial layanan jaringan.

Cara Kerja API untuk Komunikasi Antar Layanan

API banyak digunakan untuk banyak hal dan asalan. Misalnya, jika kamu pernah melihat objek Google Maps tertanam di situs web, situs web itu menggunakan Google Maps API untuk dapat menyematkan peta itu. Google memaparkan API seperti ini kepada pengembang web yang kemudian dapat menggunakan API untuk menjatuhkan objek kompleks langsung di situs web mereka. Jika API seperti ini tidak ada, pengembang mungkin harus membuat peta sendiri dan memberikan data peta sendiri hanya untuk meletakkan sedikit peta interaktif di situs web.

Karena ini adalah API, Google dapat mengontrol akses ke Google Maps di situs web pihak ketiga, memastikan mereka menggunakannya secara konsisten daripada mencoba menyematkan bingkai yang menampilkan situs web Google Maps secara acak, misalnya. Cara ini juga berlaku untuk berbagai layanan online. Bermacam API seperti untuk meminta terjemahan teks dari Google Translate, atau menyematkan komentar atau tweet dari Twitter di situs web.

Standar OAuth juga mendefinisikan sejumlah API yang memungkinkan kamu masuk ke situs web dengan layanan lain misalnya, menggunakan akun Facebook, Google, atau Twitter Anda untuk masuk ke situs web baru tanpa membuat akun pengguna baru hanya untuk melayari situs tersebut . API adalah kontrak standar yang menentukan bagaimana pengembang berkomunikasi dengan layanan, dan jenis output yang diharapkan diterima oleh pengembang.

Leave a Reply

×

Konsultasikan dengan kami

Kami akan menjelaskan lebih lanjut mengenai pelatihan kami

× Ada pertanyaan?