Single Blog Title

This is a single blog caption
29 Sep 2021

Penjelasan singkat mengenai Full Stack Developer dan Kemampuan yang wajib dimiliki!

//
Comments0

Kalau kamu Belajar Programming, tentu istilah Full Stack Developer bukan lagi suatu hal yang asing didengar. Berbicara mengenai cara mengelola sebuah website , istilah ini cukup sering digunakan. Full Stack Developer adalah seorang ahli teknologi yang harus mampu merperbaiki front-end ataupun back-end sebuah website dan aplikasi. Menjadi seseorang yang memiliki kemampuan di bidang Full Stack Developer akan memberikan nilai tambah di dunia kerja. Selain karena seorang Full Stack Developer dipercaya mampu menganalisa berbagai sisi bahasa pemrogaman jika terjadi suatu masalah pada website maupun aplikasi, profesi ini terbilang tidak pasaran dan hanya segelintir orang yang mendalaminya.

Untuk menganalisa bagian front-end dan back-end sebuah website tentu membutuhkan keahlian khusus. Beberapa istilah front end yang lekat dengan tugas/pekerjaan seorang Full Stack Developer sebagai berikut:

1. HTML (Hypertext Markup Language)

Merupakan bahasa pemrograman yang umumnya digunakan untuk membuat suatu halaman website.

2. CSS (Cascading Style Sheets)

Merupakan bahasa pemrograman yang berfungsi menyesuaikan tampilan HTML pada suatu halaman situs/website. Di sini CSS bisa digunakan untuk menentukan warna, font, gambar, latar, dan tampilan suatu website agar terlihat lebih menarik.

3. JavaScript

Untuk mengembangkan suatu website, menggunakan HTML dan CSS saja sudah cukup. Tapi, kamu juga bisa menggunakan JavaScript agar situs yang sedang kamu kembangkan terlihat lebih menarik. JavaScript akan memberikan animasi dengan kompleksitas tinggi pada sebuah situs yang ingin kamu kembangkan.  Selain beberapa istilah front end di atas, ada juga beberapa istilah back end yang lekat dengan tugas seorang Full Stack Developer.

Jika front end mengulik dan menganalisa tampilan sebuah website, back end adalah pengembangan di balik layar tampilan website seperti server dan juga database. Umumnya, bahasa pemrograman back end yang digunakan adalah PHP, Ruby, Java, dan Python.

Menjadi seorang Full Stack Developer tidak hanya berkutat pada bagian front end dan back end saja lho! Beberapa hal lain yang menjadi ranah pekerjaan Full Stack Developer adalah server management, API, websocketUser Interface (UI), User Experience (Ux), perangkat pondasi aplikasi, serta metodologi dan kerangka kerja pengembangan.

Semua hal tersebut bisa dikatakan merupakan kewajiban dan tugas yang harus dijalankan oleh seorang Full Stack Developer.

Keahlian yang Harus Dimiliki Seorang Full Stack Developer

  1. Kemampuan Hard Skills

Sebelumnya sudah dibahas mengenai front end dan back end. Yup, kemampuan menguasai front end, back end, UI dan UX, serta me-manage database adalah hard skills yang wajib dikuasai oleh seorang Full Stack Developer. Jika istilah-istilah seperti HTML5, CSS3, XML, JavaScript, PHP, Ruby, Java masih membuatmu pusing tujuh keliling, yuk pelajari lagi agar semakin siap untuk menguasai ranah kerja Full Stack Developer !

2. Kemampuan berkomunikasi

Mempunyai kemampuan berkomunikasi yang baik merupakan bekal utama bagi semua jenis profesi, tak terkecuali Full Stack Developer. Dengan kemampuan komunikasi yang baik, kamu jadi lebih mudah menyampaikan tujuan dan perkembangan dari project yang sedang kamu jalani. Mengingat banyaknya istilah sulit di dalam pekerjaan ini, kemampuan menyampaikan segala hal agar lebih mudah dimengerti oleh kaum awam merupakan suatu keharusan ya, guys !

3. Berpikir kritis

Berpikir kritis dalam mengerjakan segala sesuatu termasuk mengambil keputusan adalah point penting lainnya yang harus dimiliki seorang Full Stack Developer! Dengan menyertakan logika dalam setiap pengambilan masalah, akan mempermudah tercapainya pengambilan keputusan yang baik. Dengan berpikir kritis juga menjadikan kamu tidak gegabah dalam mengambil sebuah keputusan , yang mana nantinya juga akan meminimalisir terjadinya kesalahan-kesalahan.

4. Kemampuan bekerja sama dengan team

Kemampuan ini tak hanya wajib dimiliki oleh seorang Full Stack Developer melainkan setiap orang. Sebuah pekerjaan akan terselesaikan dengan lebih baik dan juga cepat apabila dikerjakan bersama-sama bukan? Selain itu, dengan adanya kerjasama team yang baik, dapat membentuk iklim kerja yang menyenangkan.

5. Update dengan teknologi baru

Karena profesi ini berhubungan dengan teknologi masa kini, maka kamu diwajibkan untuk selalu update dengan perkembangan teknologi terbaru. Karena seperti kita ketahui, teknologi akan terus berkembang dengan adanya inovasi-inovasi baru maupun improvement ke arah yang lebih luar biasa lagi.

Leave a Reply

×

Konsultasikan dengan kami

Kami akan menjelaskan lebih lanjut mengenai pelatihan kami

× Ada pertanyaan?